Pante Qw

Rabu, 30 Desember 2009

Menu Baru Tahun Baru

Rabu, 30 Desember 2009 - 14:51 wib
BERBAGAI menu baru sengaja dihadirkan Restoran Porta Venesia untuk menyambut Tahun Baru yang tinggal beberapa hari lagi. Semua menu ini hadir dengan cita rasa istimewa.

Tahun Baru kali ini, Hotel Aryaduta Semanggi menyambutnya dengan menampilkan menu baru di restoran yang memiliki suasana romantis ini. Menu tersebut terdiri dari beragam pilihan, dari menu pembuka hingga penutup. Foto: Eko Purwanto/SI

Menu pembuka berupa sup menjadi yang berbahan dasar seafood diberi nama seafood soup with mascarpone and fried leeks, yaitu cream soup yang di dalamnya menggunakan kerang hijau, kerang tahu, udang yang diolah dengan keju mascarpone, yaitu keju yang biasa digunakan untuk tiramisu.

Menu pembuka yang lain ialah salad berbahan dasar gurita merupakan salah satu pilihannya. Dengan mengombinasikan kentang, kepiting, tomat, dan sedikit tambahan daun basil serta kentang yang diiris tipis berbentuk bulat melengkapi sajian salad yang memiliki aneka rasa ini.

Penyajian menu bernama octopus, lobster, red onion, black olive and green bean salad with basil pesto on marinated medal potato ini dipercantik dengan hiasan Balsamico Roduction (yaitu cuka yang berbahan dasar dari balsamic vinegar atau cuka khas Italia) yang menghiasi pinggir-pinggir piring salad.

”Menu salad ini di marrinated dengan pasto sauce yang berbahan dasar daun basil, di mana daun basil ini bisa dikatakan sebagai daun kemanginya orang Italia,” tutur Executive Chef Hotel Aryaduta Semanggi Jakarta Baharrudin, seraya menuturkan semua bahan yang disajikan pada menu ini hampir keseluruhan bahan biasanya mudah ditemukan di Milan, Italia.

Adapun menu utama dengan pilihan ikan yang bisa dicoba adalah seared salmon fillet with green pease pure served on abed of rigatoni pasta and mushroom burgundy sauce. Rasa yang disajikan pun kurang lengkap jika tidak dimakan bersamaan dengan saus burgundy, karena salmon yang diolah dengan cara pan fried, hanya dimasak dengan campuran garam dan merica.

Pelengkap dari menu ini adalah green pease pure. Sekilas, hidangan ini menyerupai mashed potato namun berwarna hijau, tetapi sebenarnya menu ini terbuat dari kacang polong dicampur dengan sedikit mashed potato dan krim yang diaduk jadi satu, kemudian diblender sampai hancur dan ditambahkan garam dan merica saja.
Rasa akhirnya pun unik, yaitu sedikit manis, sehingga tepat sekali jika dipadukan dengan salmon.

Selain dipadukan dengan green pease pure, salmon juga dipadukan dengan pasta yang menjadi alas dari salmon saat penyajiannya. Jenis pasta yang digunakan adalah rigatoni pasta (pasta berbentuk pipa), yang dibalut dengan saus burgundy dan campuran jamur champignon, yang dihias tomat.

”Untuk sentuhan akhir, sama seperti salad, menu ini juga dipercantik dengan balsamico roeuction dan kecambah yang berasal dari kacang polong,” jelas chef yang sudah berpengalaman puluhan tahun dalam masak-memasak. Sedangkan untuk menu utama berbahan dasar daging, pengunjung yang hadir untuk bersantap bisa memilih slice veal tenderloin with sauteed baby asparagus servedd with cheese risotto and creamy red wine, yaitu menu yang memilih tenderloin dari anak sapi, yang dipadukan dengan risotto, yang bisa juga dikatakan sebagai nasi liwet khas Italia.

”Tekstur daging pada tenderloin yang berasal dari anak sapi ini lebih lembut,” tandas Baharuddin yang memilih tenderloin impor untuk penyajian yang spesial ini. Adapun menu ini juga dilengkapi dengan creamy red wine sauce, yaitu saus yang berbahan dasar anggur merah.

Untuk hidangan penutup, dipilihlah kue berbahan dasar alpukat dengan campuran krim yang diletakkan di dalam cokelat yang telah dicetak sebelumnya. Kue berpenampilan cantik ini dikatakan Baharuddin memiliki sejarah yang cukup unik dalam penemuan namanya. Menu ini ia dapatkan saat mengikuti kompetisi bernama Black Box Competition pada 2001. Saat itu, ia memenangkan emas karena membuat menu berpenampilan mewah ini.

Semua set menu baru untuk makan malam ini tersaji pada 31 Desember 2009, di mana harga yang ditawarkan adalah Rp245.000++ dan untuk anak di bawah 12 tahun akan mendapat potongan sebesar 50 persen.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Sumber : http://www.okefood.com/read/2009/12/30/301/289466/menu-baru-tahun-baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CuRhaTan Hati


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com